Bupati Bassam Hadiri Seminar Nasional Convention Center Di Jakarta Pusat - WARTA GLOBAL MALUT

Mobile Menu

Pendaftaran Jurnalis

Klik

More News

logoblog

Bupati Bassam Hadiri Seminar Nasional Convention Center Di Jakarta Pusat

Monday 8 July 2024
Malut.WARTAGLOBAL.id Sekretariat Jenderal Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menyelenggarakan kegiatan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) Tahun Anggaran 2023 dan Ikhtisar Laporan Hasil Pemeriksaan (ILHP) Semester II Tahun Anggaran 2023 serta dilanjutkan dengan seminar nasional. 

Acara tersebut dihadiri oleh pimpinan lembaga negara, kementerian, lembaga pemerintah non-kementerian, kepala daerah, sekretariat jenderal kementerian/lembaga, BUMN, dan sekretariat daerah. Acara tersebut berlangsung di Jakarta, Senin, 8 Juli 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, dengan kehadiran langsung Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin. Bupati Kabupaten Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba, juga hadir memenuhi undangan tersebut.

Pada kesempatan ini, BPK RI menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) tahun 2023. Hasil pemeriksaan tersebut menunjukkan bahwa LHP LKPP mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI. 

Ketua BPK, Isma Yatun, memberikan apresiasi terhadap kinerja pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Ia menekankan pentingnya memastikan bahwa keuangan negara digunakan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan untuk menghindari kerugian negara.

Hasil pemeriksaan tersebut juga disampaikan kepada instansi berwenang. Salah satu dampak positif dari upaya ini adalah penyelamatan keuangan negara sebesar Rp 55,97 triliun rupiah dari tahun 2015 hingga 2023. Ini menunjukkan komitmen kuat dari pemerintah dalam menjaga keuangan negara.

“Hasil atas LKPP 2023 menunjukkan opini WTP yang merupakan opini WTP kedelapan sejak LKPP 2016,” kata Isma dalam acara penyerahan LHP LKPP Tahun 2023 di Jakarta.

Ketika dikonfirmasi, Bupati Bassam Kasuba mengatakan, “Apa yang disampaikan Ketua BPK RI tersebut akan menjadi pedoman kami untuk lebih optimal dalam tertib administrasi dan berkomitmen. Sebagaimana kita ketahui, Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan juga telah mendapatkan 8 kali WTP terhitung mulai tahun 2016. Oleh sebab itu, mari bersama-sama kita pertahankan prestasi ini untuk tahun-tahun kedepannya,” ucap Bupati Bassam Kasuba.

Reporter: wan

KALI DIBACA

No comments:

Post a Comment