Mempercepat Infrastruktur Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Pemda Hal-Sel Support Program TMMD Ke-121 Kodim 1509/Labuha Diakhir Penutupan - WARTA GLOBAL MALUT

Mobile Menu

Pendaftaran Jurnalis

Klik

More News

logoblog

Mempercepat Infrastruktur Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Pemda Hal-Sel Support Program TMMD Ke-121 Kodim 1509/Labuha Diakhir Penutupan

Friday 23 August 2024

Malut, WARTAGLOBAL.id - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 tahun anggaran 2024 di Kecamatan Gane Barat Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, resmi ditutup pada Kamis, 22 Agustus 2024. Upacara penutupan yang berlangsung di lapangan Desa Dolik ini dipimpin oleh Danrem 152 Baabullah, Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Elkines Villando Dewangga K., S.AP, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba, Sultan Bacan Dede Muhammad Irsyad Maulana, Dandim 1509 Labuha Letkol Kav Romy Sitompul, Kapolres AKBP Hendra Gunawan, Kajari Ahmad Patoni, pimpinan DPRD, Sekda, pimpinan OPD, camat, para kepala desa, serta tokoh masyarakat, agama, pemuda, dan warga setempat.

Dalam amanat yang dibacakannya, Brigjen TNI Elkines Villando menyampaikan pesan Pangdam XV Pattimura yang menekankan bahwa TMMD adalah salah satu bukti nyata program terpadu lintas sektor antara TNI, pemerintah, dan lembaga non-pemerintah yang bekerja bersama masyarakat untuk mempercepat pembangunan di daerah-daerah terpencil.

TMMD ke-121 yang berlangsung selama satu bulan, sejak 24 Juli hingga 22 Agustus 2024, melibatkan sejumlah desa di Kecamatan Gane Barat Utara, yakni Desa Boso, Fulay, Dolik, Sukadamai, Tokaka, Nurjihat, dan Moloku. Selain itu, program Kasat TNI Manunggal Air juga dilaksanakan di Desa Bumi Rahmat Gane Barat dan Desa Sali Bacan Timur. Berkat kolaborasi semua pihak, kegiatan TMMD ini berjalan dengan lancar dan berhasil mencapai target yang telah ditentukan.

Dalam sambutannya, Brigjen Elkines menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada prajurit TNI, Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat yang telah berkontribusi dalam kegiatan TMMD ini. “Kami mengajak semua pihak untuk menjadikan TMMD sebagai momentum untuk memperkuat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mendorong pembangunan daerah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat”,ucapnya.

Pada TMMD tahun ini, berbagai infrastruktur berhasil dibangun, termasuk drainase, plat deker, jalan setapak, dan pembangunan deker. Selain itu, ada juga kegiatan nonfisik seperti penyuluhan dan sosialisasi berbagai materi pengetahuan kepada masyarakat.

Di akhir sambutannya, Brigjen Elkines memberikan beberapa arahan untuk menindaklanjuti hasil TMMD ke-121, di antaranya menjaga kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat, memelihara budaya gotong royong, serta menjaga hasil-hasil program TMMD agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat dalam jangka panjang.

Terpisah, Bupati Halsel Hasan Ali Bassam Kasuba, menyampaikan jika pembangunan drainase, plat deker, jalan setapak. Selain itu, ada juga kegiatan nonfisik seperti penyuluhan dan sosialisasi berbagai materi pengetahuan kepada masyarakat. Jalan yang dibangun bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat, dimana saat panen para petani, termasuk meningkatkan harga tanah karena didukung oleh infrastruktur yang lebih baik.

“Selain itu, saya harap kedepan semua infastuktur ini berguna untuk dipergunakan masyarakat, mati kita jaga dan rawat,” ujar Bupati.

Acara penutupan diakhiri dengan penandatanganan berita acara serah terima hasil TMMD ke-121 tahun 2024 dari Dandim 1509 Labuha kepada Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba, yang disaksikan oleh Danrem 152 Baabullah dan Sultan Bacan Dede Muhammad Irsyad Maulana.

Reporter: wan

KALI DIBACA

No comments:

Post a Comment