Bupati Bassam Meraih Penghargaan Revitalisasi Bahasa Daerah Dari Kemendikbud Ristek RI - WARTA GLOBAL MALUT

Mobile Menu

Pendaftaran Jurnalis

Klik

More News

logoblog

Bupati Bassam Meraih Penghargaan Revitalisasi Bahasa Daerah Dari Kemendikbud Ristek RI

Thursday 2 May 2024
  Prokopim-Komitmen melestarikan Bahasa       Daerah  dalam program Revitalisasi Bahasa   Merdeka Belajar Episode 17 menghantarkan        Bupati Halmahera Selatan. 

Malut.WARTA GLOBAL.id - Hal-Sel, Hasan Ali Bassam Kasuba meraih Penghargaan Revitalisasi Bahasa atas Dukungan, Kerjasama dan Kontribusinya dalam Menyukseskan Program Revitalisasi Bahasa Daerah termuat Platform Merdeka Belajar Episode 17 : Revitalisasi Bahasa Daerah oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  Republik Indonesia.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Meteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim, B.A.,M.B.A. kepada Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba usai membuka secara resmi Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN) pada Kamis (2/5/2024) di The Sultan Hotel, Jakarta. 

Adapun Festival ini diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kemendikbud Ristek, melalui Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, berlangsung dari 1—5 Mei 2024 dengan tema “Melestarikan Bahasa Daerah, Menjaga Kebinekaan Indonesia”.

Dalam pidatonya, Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa Penyelenggaraan Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional ini merupakan implementasi dari Merdeka Belajar Episode Ke-17: Revitalisasi Bahasa Daerah. Pelaksanaannya mulai dari tingkat daerah secara berjenjang sampai ke tingkat nasional.

“Festival ini telah melibatkan lebih dari sembilan koma enam juta partisipan yang terdiri dari pelajar, guru, dan pegiat bahasa daerah dan setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah bahasa daerah yang berhasil kita revitalisasi, ini tentunya bukan prestasi Kemendikbudristek, tapi buah dari gotong royong kita semua dalam memajukan bahasa daerah,” ungkapnya.

Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba usai menerima penghargaan dari Kemendikbudristek mengatakan bahwa, Pemerintah Daerah akan terus mendukung pelestarian bahasa daerah khususnya di Kabupaten Halmahera Selatan.

“Alhamdulillah hari ini, tepat peringatan Hari Pendidikan Nasional, kami mendapatkan penghargaan dari Kemendikbudristek mudah-mudahan ini bisa menjadi motovasi bagi kita semua dalam mendorong revitalisasi bahasa daerah Halmahera Seatan untuk kemudian menjadi jati diri dan pengembangan kebudayaan kita di Halsel”, pungkasnya. (Red/wan). 

KALI DIBACA

No comments:

Post a Comment