Pertumbuhan Ekonomi Mengalami Peningkatan 6,44%, Bupati Bassam Apresiasi DPRD Hal-Sel Saat Paripurna - WARTA GLOBAL MALUT

Mobile Menu

Pendaftaran Jurnalis

Klik

More News

logoblog

Pertumbuhan Ekonomi Mengalami Peningkatan 6,44%, Bupati Bassam Apresiasi DPRD Hal-Sel Saat Paripurna

Wednesday 12 June 2024
Malut.WARTAGLOBAL.id Pada dini hari 12 Juni 2024, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Halmahera Selatan (Hal-Sel) mengadakan sidang paripurna yang membahas laporan pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023. Rabu, 12/06/2024.

Sidang tersebut, mendapatkan apresiasi dari Bupati Kabupaten Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba. Dalam ucapan terima kasihnya, Bupati mengungkapkan rasa syukurnya atas hasil laporan keuangan pemerintah daerah untuk Tahun Anggaran 2023 oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Maluku Utara.

"Pencapaian ini menunjukkan komitmen kuat pemerintah daerah dalam menjaga akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan dan kerja keras kita bersama, sehingga Hal-Sel berhasil kembali memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK, dan ini sebuah pencapaian yang sangat membanggakan karena telah diraih sebanyak sepuluh kali berturut-turut hingga tahun 2023". Ungkap Bssam.

Selain itu, Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba juga mengungkapkan bahwa Kabupaten Halmahera Selatan mengalami laju pertumbuhan ekonomi yang signifikan pada tahun 2023. Dengan angka pertumbuhan sebesar 27,78%, terjadi peningkatan sebesar 6,44% dibandingkan tahun sebelumnya.

"Pencapaian ini jauh melampaui target yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yang awalnya hanya menargetkan pertumbuhan sebesar 12%. Tentu ini luar biasa". Tutur Bupati Bassam Saat menyampaikan rasa terimakasih di arena paripurna anggota DPRD. 

Menurut Bupati, capaian ini tidak lepas dari kerja keras semua pihak yang terlibat, termasuk dukungan dari beberapa sektor industri kunci. Di antara sektor-sektor yang memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Halmahera Selatan adalah industri pengelolaan atau manufaktur, pertambangan dan penggalian, serta sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan.

"Industri pengelolaan atau manufaktur memainkan peran penting dalam meningkatkan nilai tambah produk-produk lokal melalui proses pengolahan yang lebih efisien dan berkualitas tinggi. Sektor pertambangan dan penggalian juga memberikan kontribusi signifikan. Sementara itu, sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan juga menunjukkan perkembangan positif dengan peningkatan produktivitas dan diversifikasi produk". Imbuh Bassam. 

Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba juga menegaskan bahwa semua capaian ini adalah hasil dari kolaborasi dan sinergi yang baik antara pemerintah daerah, pelaku industri, serta masyarakat Halmahera Selatan. Beliau juga mengapresiasi upaya seluruh jajaran pemerintah daerah yang telah bekerja keras dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan, sehingga mendapatkan kepercayaan dari BPK.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan kinerja dan menjaga komitmen terhadap tata kelola pemerintahan yang baik. Beliau menekankan pentingnya inovasi dan efisiensi dalam pengelolaan sumber daya, serta perlunya meningkatkan kualitas layanan publik demi kesejahteraan masyarakat Halmahera Selatan.

Lebih lanjut, Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba mengingatkan bahwa meskipun telah banyak capaian positif yang diraih, tantangan ke depan masih banyak dan membutuhkan upaya lebih keras lagi." Kami berharap agar semua elemen masyarakat dan pemerintah dapat terus bekerja sama untuk mencapai tujuan pembangunan yang lebih tinggi kedepan nanti".

Di akhir pidatonya, Bupati menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Halmahera Selatan yang telah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dalam mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan APBD 2023. Beliau juga mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak yang telah berkontribusi terhadap pencapaian positif ini.

"Sidang paripurna DPRD Hal-Sel mengenai laporan pertanggungjawaban APBD Tahun 2023 tidak hanya mencerminkan keberhasilan dalam pengelolaan keuangan daerah, tetapi juga menunjukkan bahwa dengan kerja keras, komitmen, dan sinergi yang baik, tujuan pembangunan yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan baik. Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh pihak untuk terus meningkatkan kinerja dan berkontribusi dalam pembangunan daerah yang berkelanjutan dan inklusif".Tutupnya.

Reporter: wan

KALI DIBACA

No comments:

Post a Comment