Diduga Karena Puntung Rokok, Tiga Rumah Di Desa Tomori Habis Terlalap Si Jago Merah - WARTA GLOBAL MALUT

Mobile Menu

Pendaftaran Jurnalis

Klik

More News

logoblog

Diduga Karena Puntung Rokok, Tiga Rumah Di Desa Tomori Habis Terlalap Si Jago Merah

Sunday 21 July 2024
Hal-Sel,WARTAGLOBAL.id - Desa Tomori, Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan (Hal-Sel), digemparkan kejadian kebakaran yang mengakibatkan tiga rumah terbakar habis. Kebakaran ini diduga berasal dari tindakan seorang pria yang tidak diketahui identitasnya saat mengendarai motor dan melemparkan Sepuntung rokok saat berada di pompa bensin mini bertepatan pengisian bahan bakar minyak (BBM) ke dalam botol. Minggu, 21/07/2024.

Menurut keterangan yang dihimpun oleh Media Warta Global.id Korban yang bernama Agamah Saleh (59), seorang pria dari Suku Bugis yang memiliki kios bugis, menuturkan bahwa saat sedang mengisi minyak ke dalam botol, seorang pria tak dikenal yang menutupi muka dengan helm dan mengenakan switer hitam saat mengendarai sepeda motor matic sengaja melemparkan puntung rokoknya hingga mengakibatkan kebakaran.

Agama Saleh menjelaskan bahwa lemparan puntung rokok tersebut tepat mengenai pompa bensin yang sedang mengisi minyak. Akibat luapan Bensin yang terlalu tajam, Api dari sepuntung rokok menyebar dengan cepat. "Saya mencoba memadamkan api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), namun usaha saya tidak berhasil karena api menyebar terlalu cepat,” ujar Agama Saleh. Dia menambahkan bahwa dirinya hanya sempat menyelamatkan diri beserta keluarganya.

Agama Saleh juga menceritakan bahwa setelah kejadian berlangsung, tidak ada satu pun barang-barangnya yang dapat diselamatkan. Kerugian yang dialaminya diperkirakan mencapai lebih dari 500 juta rupiah, termasuk sepeda motor yang sering digunakannya.

Di waktu terpisah, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Halmahera Selatan, melalui Kepala Bidang Pemadam, Umar Alhadar, memberikan keterangan bahwa pada pukul 12:00 mereka menerima informasi mengenai kebakaran di Desa Tomori. 

“Kejadian berlangsung Pada pukul 11:50, terjadi kebakaran akibat pengisian bahan bakar. Pada pukul 12:00 WIT, pasukan pemadam menerima informasi tentang kebakaran tersebut. Pukul 12:02 WIT, pasukan Damkar bergerak dari kantor menuju lokasi kebakaran. Pada pukul 12:04 WIT, pasukan tiba di lokasi dan bersama warga setempat melakukan pemadaman serta mengevakuasi barang-barang milik korban. Pukul 14:38 WIT, api telah berhasil dipadamkan,” jelas Umar Alhadar.

Umar Alhadar menambahkan bahwa penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan oleh pihak berwenang. Namun, indikasi awal menunjukkan bahwa kebakaran tersebut disebabkan oleh kelalaian saat mengisi bahan bakar, dan sepuntung rokok yang dilemparkan seseorang yang tidak diketahui Indentitasnya. Pihak berwajib juga sedang mencari tahu identitas pria yang melemparkan puntung rokok tersebut.

"Kebakaran ini menjadi pelajaran penting tentang bahaya merokok di dekat area yang mudah terbakar, terutama di pompa bensin. Kepolisian dan dinas terkait berencana untuk meningkatkan pengawasan dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mematuhi aturan keselamatan di area berisiko tinggi seperti pompa bensin, dan Dugaan terhadap seseorang yang sengaja melemparkan sepuntung rokok dalam tahapan penyelidikan". Imbuh Kabid. 

Warga sekitar juga diimbau untuk lebih berhati-hati dan segera melaporkan kejadian mencurigakan yang dapat membahayakan keselamatan umum. Diharapkan dengan adanya kesadaran kolektif dan kerjasama antara masyarakat dan pihak berwenang, kejadian serupa dapat dicegah di masa mendatang.

Reporter: wan

KALI DIBACA

No comments:

Post a Comment