Ketua Umum Palimpungan Ompu Bangsa Nang Ompu Anak-Anak Lipu Adat Bacan: Terima Kasih dan Komitmen untuk Bersinergi - WARTA GLOBAL MALUT

Mobile Menu

Pendaftaran Jurnalis

Klik

More News

logoblog

Ketua Umum Palimpungan Ompu Bangsa Nang Ompu Anak-Anak Lipu Adat Bacan: Terima Kasih dan Komitmen untuk Bersinergi

Saturday 20 July 2024
Hal-Sel, WARTAGLOBAL.id - Bupati Halmahera Selatan yang diwakili Sekda Hal-Sel, Safiun Radjulan, S.Pd, M.Pd melantik dan mengukuhkan pengurus baru Palimpungang Ompu Bangsa Nang Ompu Anak–Anak Lipu Adat Bacan. Acara  digelar di Aula Kantor Bupati Halmahera Selatan, Sabtu,  20 Juli 2024, dihadiri para pejabat, akademisi, pimpinan paguyuban etnis dan pemerhati budaya dari berbagai wilayah. Acara ini menandai awal periode baru bagi organisasi masyarakat berbasis adat yang berkomitmen untuk melestarikan budaya dan adat  Bacan.

Ketua Umum Palimpungan Ompu Bangsa Nang Ompu Anak–Anak Lipu Adat Bacan, Dano. Hi. Sanusi Iskandar Alam, dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada Bupati Halmahera Selatan yang telah mendukung penuh Terselenggaranya pelantikan dan pengukuhan ini. Hi. Sanusi, yang akrab disapa Nau Nusi, menegaskan komitmennya untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam rangka pelestarian budaya dan adat Bacan.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Halmahera Selatan atas dukungan dan kehadirannya. Insyallah, kami akan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk melestarikan budaya dan adat Bacan serta membangun silahturahmi yang intensif dengan paguyuban-paguyuban se-Halmahera Selatan demi pemajuan adat dan keadatan di bumi Saruma,” ujar Hi. Sanusi.

Sinergi dan Komitmen Pelestarian Budaya
Hi. Sanusi Iskandar Alam menekankan bahwa Palimpungang Ompu Bangsa Nang Ompu Anak – Anak Lipu Adat Bacan akan berfokus pada sinergi dengan pemerintah daerah untuk memastikan bahwa budaya dan adat Bacan tetap terjaga  dan berkembang. Ia juga menambahkan bahwa organisasi ini akan bekerja sama dengan paguyuban-paguyuban lain di Halmahera Selatan untuk memperkuat jaringan sosial dan budaya di wilayah tersebut.

“Dengan semangat baru dan dukungan penuh dari pemerintah daerah, Palimpungan berkomitmen untuk terus menjaga dan melestarikan warisan budaya suku Bacan. Organisasi ini juga berharap dapat menjadi contoh dalam hal pelestarian adat dan budaya, serta membangun hubungan yang harmonis dengan berbagai elemen masyarakat di Halmahera Selatan.” tutur Nau Nusi sapaan akrabnya.

Dukungan dari Pemerintah. 
Lanjutnya, Acara pelantikan ini merupakan bagian dari dukungan pemerintah daerah terhadap keberadaan dan peran organisasi masyarakat adat seperti Palimpungan. Kehadiran Sekda Halmahera Selatan yang mewakili Bupati, serta berbagai tokoh dan paguyuban lainnya, menunjukkan betapa pentingnya peran Palimpungan dalam menjaga kebudayaan lokal dan memperkuat hubungan sosial di masyarakat.

“Palimpungan Ompu Bangsa Nang Ompu Anak – Anak Lipu Adat Bacan siap menghadapi tantangan ke depan dengan tekad dan dedikasi untuk memajukan adat dan budaya Bacan, serta berkontribusi pada pembangunan dan keharmonisan di Halmahera Selatan. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan organisasi ini dapat terus memainkan peran penting dalam pelestarian budaya dan adat di bumi Saruma” tutup Nau Nusi dalam sambutannya.

Reporter: wan

KALI DIBACA

No comments:

Post a Comment